Normal Mode
Responsive Mode

Harap Tunggu Proses Memuat Konten Halaman


Hikmah Dari Sebuah Cobaan
Alkisah..  Pada zaman dahulu ada sebuah kerajaan yang dipimpin oleh raja yang arif dan bijaksana. Rakyatnya hidup makmur, sentosa dan bahagia.

Pada suatu hari, sang raja ingin berburu ke hutan melepas kejenuhannya di dalam kerajaan. Baginda berangkat berburu dengan ditemani beberapa orang prajurit. Namun diperjalanan baginda raja terkena musibah. Beliau terpeleset ke jurang, jari telunjuknya putus terkena sabetan senjatanya sendiri.

Baginda raja pun pulang dengan membawa perasaan hati yang tidak karuan. Sang permaisuri menasehati baginda

" kanda, bersabarlah, janganlah engkau bersedih, semua ini sudah kehendak sang pencipta ".

" apa ? Kau bilang sabar !! Bukankah kamu tahu kalau aku ini raja, bayangkan kalau aku mau perintah kepada rakyatku tanpa pakai telunjuk, gimana jadinya ?!!" Bentak sang raja.

Permaisuri tertunduk tidak berani menjawab sepatah katapun. Sang patih mencoba meredam emosi sang raja " ampun baginda, mungkin benar kata ibu permaisuri, cobaan ini telah terjadi, maka bersabarlah pasti semua ada hikmahnya " .

Ternyata nasehat sang patih justru membuat panas suasana. Baginda raja marah besar

" apa katamu patih ?!!seenaknya saja kamu bicara sabar - sabar, kamu patih kurang ajar, wahai pengawal, penjarakan patih ini.." titah sang raja.

 Hari berganti hari sang patih tetap saja dipenjara. Sedangkan baginda raja telah beraktivitas seperti biasa. Baginda mengangkat patih baru.

  Pada suatu hari sang raja inginberburu. Peralatan untuk berburu pun disiapkan untuknya. Namun berbeda dengan biasanya, baginda kali ini mengajak sang patih baru untuk mendampinginya.
Sampai di hutan rombongan sang raja dihadang oleh suku pedalaman.  Mereka menahan sang raja dan sang patih untuk dijadikan persembahan. sebelum mereka berdua disembelih, mereka dimandikan dahulu. Ketika itu suku pedalaman melihat cacat pada jari sang raja, yaitu jari telunjuknya hilang. Sang raja pun dilepaskan karena tidak memenuhi syarat untuk dipersembahkan.

Sang raja pulang sendirian dengan hati yang sangat ketakutan. Tubuhnya menggigil seperti tertimpa salju di musim dingin.
Sesampainya di kerajaan sang raja langsung menuju ke penjara. Ditemuinya sang patih. Baginga langsung memeluk sang patih dengan air mata bercucuran.

" wahai patih, aku menyesal telah memenjarakanmu karena memang benar nasehatmu dulu itu, semua ujian pasti ada hikmahnya " kata sang raja.

"Ampun baginda, memangnnya ada apa kok baginda sampai menangis seperti ini ? " tanya patih.

Akhirnya sang raja menceritakan apa yang baru saja menimpa dirinya.Mendengar penjelasan dari sang raja, patih pun menangis sujud syukur kepada sang pancipta.
Raja keheranan melihat tingkah patihnya

 " ada apa patih ? " tanya baginda.
 " saya bersyukur karena baginda telah memenjarakanku, karena bila hamba tidak dipenjara pasti sudah disembelih sebagai persembagan suku pedalaman" jawab patih.

Mereka berdua punsaling berpelukan seraya mengucapkan kalimat syukur kepada sang pencipta.

Hikmah yang bisa diambi


 Cobaan dan ujian pasti ada. Setiap orang pasti mengalaminya. Namun jangan anggap itu semua adalah penghalang hidup anda karena segalaujian pasti ada hikmah yang sangat luar biasa. Tetap syukuri hidup ini. Jangan mengeluh dan tetap semangat. Optimis untuk maju dan jangan lupa dengan sang pencipta.

Demikian cerita hikmah pada kesempatan kali ini aemoga bermanfaat.

Perihal: Diterbitkan oleh: pada pukul 4:25:00 PM WIB
Klik tombol "Like" bila Anda suka dengan artikel ini. Silakan poskan komentar agar saya dapat berkunjung balik ke blog Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain dari blog ini, maka silakan klik di sini untuk membuka daftar isi. Harap menyertakan http://ceritahikmahh.blogspot.com/2015/06/hikmah-dari-sebuah-cobaan.html dan atau mencantumkan tautan untuk artikel ini bila Anda menyalin sebagian dan atau keseluruhan isinya. Terimakasih.

Post a Comment