Normal Mode
Responsive Mode

Harap Tunggu Proses Memuat Konten Halaman




Kisah Inspiratif : kejujuran hati


 Alkisah pada zaman dahulu hiduplah seorang raja yang memiliki rakyat yang banyak dan sangat patuh kepada rajanya, namun dari sebagian rakyatnya tersebut masih banyak yang suka berbohong hanya sekedar untuk menyengkan hati raja. sehingga pada suatu hari Baginda Raja mengumpulkan seluruh rakyatnya mengadakan sayembara :
" Barang siapa yang bisa menanam kacang hijau dari Baginda paling subur, maka akan diberi hadiah 1000 keping emas "
kemudian seluruh rakyat yang hadir diberi kacang hijau tersebut satu - satu.
Sesampainya di rumah rakyat berlomba - lomba untuk menanam kacang hijau itu dengan sebaik - baiknnya, tapi ternyata kacang hijaunya tidak ada yang tumbuh, lalu timbullah ide -ide cemerlang dari hampir seluruh rakyat pengikut sayembara yaitu mengganti kacang hijau dari raja dengan kacang hijaunya sediri..
akhirnya apa yang terjadi ???
ternyata kacang hijaunya bisa tumbuh dengan subur. Mereka pun saling memamerkan kacang hijaunya yang bisa tumbuh dengan subur. Bahkan ada yang membawa kacang hijaunya keliling kampung sambil memamerkan kepada penduduk kampung.
 namun ternyata dari sekian ribu orang yang mengikuti sayembara, ada satu orang yang tidak mau mengganti kacang hijau raja dengan kacang hijaunya sendiri sehingga sampai hampir satu bulan kacang hijaunya tetap tidak tumbuh.
setiap orang yang datang ke rumahnya pasti mengejek dengan kata - kata yang tidak enak didengar, tapi dia tetap tidak menggubris. Dia berkata “ saya diperintah baginda Raja untuk merawat tanaman kacang hijau ini dengan baik, kalau tidak bisa tumbuh berarti ya sudah, apanya yang mau dirawat ??”
akhirnya datanglah hari yang ditunggu -tunggu, Baginda mengutus utusan untuk menyampaikan  kepada seluruh rakyat agar berkumpul di kerajaan.dengan membawa kacang hijaunya.
Rakyat pun berbondong – bondong  menuju ke kerajaan untuk mengetahui siapa pemenang dari sayembara ini. diperjalanpun para rakyat sangat asyik membicarakan tanamannya. masing - masing yakin bahwa yang menang pasti dirinya.
setelah sampai di kerajaan tanaman mereka pun dikumpulkan dan di lihat oleh Baginda Raja, ternyata semuanya tumbuh dengan baik kecuali satu yang sama sekali tidak tumbuh. akhirnya raja memanggil pemilik tanaman yang tidak tumbuh itu dan bertanya : " mengapa tanamanmu kok tidak tumbuh, padahal yang lain subur - subur ?"
dia menjawab : saya tidak tahu Baginda, sebetulnya hamba juga mau merawatnya dengan baik, tapi berhubung tidak tumbuh ya sudah, saya tidak bisa berbuat apa - apa.

Rajapun manggut -manggut mendengarkan penjelasannya, kemudian mengambil 1000 keping emas untuk diberikan kepadanya. sebelum memberikan Raja berkata
" wahai rakyatku, ketauhilah bahwa sesungguhnya saya hanya menguji kejujuran kalian ,kacang hijau yang saya berikan itu sebetulnya sudah direbus, jadi semua tanaman yang subur -subur itu berarti bukan kacang hijau dari saya, berarti sudah menipu kepada saya "
Akhirnya keping emas itupun diberikan kepada si pemilik kacang hijau yang tidak tumbuh tadi sebab kejujurannya.

hikmah yang bisa diambil

kejujuran itu meskipun awalnya berat, banyak cacian dan makian tapi berakhir dengan kedamaian, kebaikan dan keberkahan. oleh karena itu, marilah kita berusaha jujur dalam segala hal.
 Demikian, semoga bermanfaat

baca juga cerita hikmah yang lain
kebersihan hati


Perihal: Diterbitkan oleh: pada pukul 7:14:00 AM WIB
Klik tombol "Like" bila Anda suka dengan artikel ini. Silakan poskan komentar agar saya dapat berkunjung balik ke blog Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain dari blog ini, maka silakan klik di sini untuk membuka daftar isi. Harap menyertakan http://ceritahikmahh.blogspot.com/2015/05/kejujuran-hati.html dan atau mencantumkan tautan untuk artikel ini bila Anda menyalin sebagian dan atau keseluruhan isinya. Terimakasih.

Post a Comment